Cara Mengatur Keuangan Millennial Agar Membeli Properti Impian Tercapai!

Sebagian besar orang yang memiliki mimpi untuk membeli properti sering sekali dihadapi oleh masalah keuangan. Uang yang telah dikumpulkan pun dapat berpotensi terkena inflasi sementara harga properti yang semakin hari terus meningkat. Melalui hal ini, kamu diharuskan untuk belajar cara mengatur keuangan agar membeli properti impian tercapai.

Mengatur keuangan tidak hanya sekadar menyisihkan sebagian dari pendapatan kamu. Namun, perlu siasat dan sikap yang disiplin agar properti impian kamu tercapai. Cara menabung yang paling umum dan mudah untuk kamu lakukan dalam membeli properti adalah menyisihkan sebagian penghasilan yang kamu dapatkan saat ini. Salah satu properti impian yang dapat kamu capai adalah Aparkost The Millennial City Cikarang Selatan

Terdapat Dua Alasan Millennial Sulit Membeli Properti

1. Kenaikan Harga Properti Tidak Diikuti dengan Kenaikan Upah

Dari adanya kenaikan harga tempat tinggal dalam satu dekade terakhir menjadi salah satu alasan mengapa Millennial mengalami kesulitan untuk membeli properti. Terlebih lagi kenaikan upah pekerja yang di setiap tahunnya hanya mencapai 10% masih membuat Millennial mengalami kesulitan dalam membeli properti impiannya, karena banyaknya kesenjangan yang terjadi.

2. Gaya Hidup Sangat Konsumtif

Tidak dapat dipungkiri bahwa penerapan gaya hidup konsumtif masih banyak melekat pada generasi ini. Terlebih lagi untuk Generasi Millennial dan Generasi Z. Jauh apabila dibandingkan dengan Generasi Baby Boomers. Generasi Millennial dan Generasi Z lebih cenderung memiliki gaya hidup yang konsumtif terhadap sesuatu hal yang kurang esensial.

Latte Factor merupakan sebutan yang cocok dalam mendeskripsikan kondisi saat ini yang mana keuangan masyarakat urban banyak digunakan untuk hal-hal non-primer. Salah satunya membeli kopi. Jadi, apabila kita analisa, dalam satu hari bagi seseorang yang menghabiskan 25 ribu-50 ribu untuk membeli kopi dan dikalkulasikan dalam hitungan satu bulan. Maka biaya pengeluaran yang dikeluarkan terhitung cukup besar, bukan?

Terdapat beberapa cara mengatur keuangan untuk membeli properti yang dapat kamu praktikkan sebagai berikut.

Tips dan Cara Mengatur Keuangan Millennial

Seperti kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Pepatah terkait cocok sekali untuk Sobat Millennial yang sedang berusaha menabung terus menerus pasti akhirnya akan memberikan hasil. Ya, menabung untuk membeli properti memang membutuhkan komitmen yang luar biasa agar cepat terlaksana. Yuk, Sobat Millennial benahi cara mengatur keuangan kamu mulai dari sekarang ya!

1. Memiliki Target Impian

Cara pertama adalah memiliki target impian. Sebelum menabung, lebih baik melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu mengenai properti impian kamu. Seperti memilih lokasi strategis, akses dan fasilitas di sekitarnya, tipe hunian, biaya perawatan, dan sebagainya. Apabila kamu telah menentukan hal-hal di atas, maka kamu dapat membuat skema biaya untuk dana yang harus dikumpulkan dan kapan target harus dicapai. Dari hal ini, kamu tidak akan kehilangan arah dan tetap konsisten menabung.

2. Menentukan Tujuan dengan Jelas

Cara kedua adalah menentukan tujuan dengan jelas. Tanpa tujuan yang jelas kamu akan kesulitan untuk menabung. Maka dari itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan, yaitu menentukan tujuan menabung. Misalnya, tujuan kamu menabung untuk membeli tanah, melakukan DP pembelian properti, dan sebagainya. Jadi selain lebih mudah dalam menabung, Sobat Millennial dapat lebih bersemangat karena memiliki tujuan yang jelas untuk hal yang hendak dicapai. 

3. Menentukan Nominal untuk Dicapai

Cara ketiga adalah menentukan nominal untuk dicapai. Sobat Millennial dapat menentukan perkiraan nominal yang ingin dicapai berdasarkan pada harga pasaran di lokasi yang diinginkan. Setelah kamu menentukan nominal, kamu dapat sesuaikan jangka tabungan yang akan dicapai. Misalnya, dalam sebulan kamu menabung 3 Juta Rupiah selama dua tahun untuk melakukan DP rumah.

Jadi, mengatur keuangan tidak hanya sekadar menyisihkan sebagian pendapatan. Namun, juga perlu sikap disiplin agar properti impian kamu segera tercapai!

4. Menabung dalam Bentuk Investasi

Cara keempat adalah menabung dalam bentuk investasi. Apabila kamu memiliki rencana menabung untuk jangka panjang, maka Sobat Millennial dapat menabung dalam bentuk investasi. Banyak produk investasi yang dapat memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan dengan bunga tabungan. Bentuk investasi yang aman untuk tabungan membeli properti impian di antaranya, yaitu obligasi, reksa dana, deposito, dan emas.

5. Membuat Rekening Khusus

Cara kelima adalah membuat rekening khusus. Jadi, tabungan untuk membeli properti impian wajib dipisahkan dari tabungan lainnya. Sobat Millennial dapat membuat rekening khusus dan memilih biaya admin yang terendah. Tujuan memisahkan rekening untuk mencegah kamu dalam mengambil uang tabungan properti impian. 

Selain itu, menabung di rekening khusus dan mengaktifkan fitur auto debet merupakan jalan cepat agar kamu lebih disiplin. Penghasilan yang kamu terima secara otomatis akan dialokasikan ke rekening khusus dengan besaran yang telah ditentukan. Hal terpenting yang perlu Sobat Millennial ingat, yaitu tidak ada alasan untuk lupa menyisihkannya.

6. Memilih Tenor KPR/KPA Sesuai Kemampuan

Cara keenam adalah memilih tenor KPR atau KPA sesuai kemampuan. Tenor merupakan jangka waktu pengambilan metode kredit. Tenor KPR atau KPA terbagi menjadi dua, yaitu tenor pendek dan tenor panjang. Jangka waktu tenor pendek untuk idealnya di bawah 10 tahun. Sedangkan, jangka waktu tenor panjang di antara 10-25 tahun. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa mendapatkan properti impian akan menjadi proses yang memerlukan waktu. Maka dari itu, Sobat Millennial harus mencoba untuk disiplin pada diri sendiri. Perlu diingat kamu akan menikmati keuntungan setelah proses menabung kamu berhasil!

Referensi: btnproperti.co.id dan prudential.co.id

Post a comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirimkan Brosur dan Pricelist TMC