Beberapa Tips dan Syarat Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)!

Beberapa Tips dan Syarat Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

Terdapat berbagai opsi hunian lain yang dapat kamu temui, selain perumahan. Salah satunya adalah Aparkost (Apartemen Kost), hunian modern berbentuk kost-kostan untuk millennial yang memiliki fasilitas seperti layaknya Apartemen. Sobat Millennial dapat memilih Aparkost The Millennial City Cikarang sebagai tempat hunian. Cocok banget, untuk kamu yang bekerja di Kawasan Besar Industri Cikarang. Dengan dibangunnya Aparkost ini, diharapkan dapat membantu kamu dalam menjangkau akses perkantoran di Cikarang.

Selain digunakan sebagai tempat hunian, tentunya juga dapat dijadikan aset investasi properti. Seperti yang kamu ketahui, investasi properti adalah salah satu investasi jangka panjang yang tepat untuk masa depan kamu. Tentunya harga jual properti akan mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Adapun beberapa alasan lain yang setidaknya dapat menjadi gambaran bagi kamu yang ingin berinvestasi properti. Silahkan baca di sini untuk informasi yang lebih selengkapnya.

Nah, dalam pembelian rumah, pastinya kita mengenal produk keuangan yang biasanya disebut KPR. Adapun saat kamu membeli Aparkost juga dapat memanfaatkan produk KPR, namun kamu menyebutnya sebagai Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Apa yang dimaksud dengan KPA? Apa keuntungan yang dapat diperoleh dengan membeli Aparkost melalui sistem KPA? Simak beberapa tips dan syarat yang perlu kamu ketahui tentang Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) pada artikel di bawah ini ya!

Apakah Dapat Membeli Aparkost dengan Cara Kredit?

Bagi Sobat Millennial yang belum memiliki dana tunai dengan jumlah besar, namun ingin memiliki Aparkost, tidak perlu khawatir. Sama seperti halnya perumahan, Aparkost juga dapat dibeli dengan skema cicilan. Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas pembiayaan, yaitu KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Dikarenakan, Aparkost The Millennial City telah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS), dan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Pilihan jangka waktu kredit atau tenor cicilan KPA yang dapat kamu lakukan, tersedia mulai dari 10 tahun hingga 25 tahun.

Apa Itu Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)?

KPR dan KPA memiliki konsep serta pengertian yang sama. Apabila kita buat perbandingan, KPR merupakan kredit yang diberikan lembaga perbankan bagi mereka yang ingin membeli rumah. Sedangkan, KPA adalah produk keuangan yang disediakan oleh lembaga keuangan dalam membantu individu untuk membeli Apartemen. KPA mirip dengan KPR, namun fokusnya adalah pada pembelian atau kepemilikan unit Apartemen.

KPA umumnya memiliki persyaratan dan ketentuan tertentu, termasuk tingkat bunga, jangka waktu, jumlah maksimum yang dapat dipinjam, dan lain sebagainya. Bagi peminjam, KPA memungkinkan mereka untuk memiliki Aparkost tanpa harus membayar sekaligus secara tunai. Pembayaran bulanan, termasuk cicilan pokok dan bunga akan dilakukan oleh peminjam kepada lembaga keuangan yang memberikan KPA.

Manfaat dan Keuntungan dari Penggunaan KPA

Penggunaan KPA memiliki berbagai manfaat dan keuntungan bagi yang ingin memiliki Aparkost maupun bagi pasar properti secara keseluruhan. KPA memungkinkan individu untuk memiliki akses ke properti yang mungkin belum mampu membeli secara hard cash. Hal ini dapat memperluas kesempatan untuk memiliki tempat tinggal yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan pembayaran bulanan melalui KPA, pembeli dapat mengatur pembayaran sesuai dengan kemampuan keuangan. Ini memungkinkan untuk membayar cicilan yang sesuai dengan pendapatan tanpa harus memberikan pembayaran tunai yang besar secara sekaligus. Membeli Aparkost dengan KPA dapat menjadi investasi yang menguntungkan karena nilai properti cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Tips dan Syarat Pengajuan KPA

Tips dan syarat pengajuan KPA dapat bervariasi tergantung pada kebijakan serta persyaratan dari bank yang menyediakan KPA. Berikut adalah beberapa syarat umum dan langkah-langkah yang biasanya diperlukan dalam pengajuan KPA:

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara: Biasanya, peminjam harus menjadi warga negara atau memiliki izin tinggal yang sah di negara tempat mereka mengajukan KPA.
  2. Usia: Umumnya, peminjam harus berusia minimal 21 tahun pada saat pengajuan dan maksimal 60-65 tahun pada saat KPA jatuh tempo.
  3. Penghasilan Tetap: Peminjam harus memiliki penghasilan tetap yang memadai untuk membayar cicilan KPA.
  4. Reputasi Keuangan: Peminjam harus memiliki catatan keuangan yang baik, termasuk riwayat kredit yang memadai dan tidak adanya masalah pembayaran yang tertunda atau gagal.
  5. Uang Muka: Peminjam biasanya harus menyediakan uang muka sebagai persentase dari harga Aparkost yang dibeli.

Persiapan Dokumen

  1. KTP atau identifikasi lain yang sah serta Kartu Keluarga dan NPWP
  2. Surat Nikah atau dokumen pernikahan jika berlaku.
  3. Slip gaji atau bukti penghasilan lainnya.
  4. Laporan bank yang menunjukkan riwayat transaksi keuangan.
  5. Informasi tentang properti yang akan dibeli, seperti kontrak jual beli atau sertifikat kepemilikan.

Langkah-langkah Pengajuan

  1. Mengisi formulir aplikasi KPA dari lembaga keuangan yang dipilih.
  2. Menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan lembaga keuangan.
  3. Melakukan pertemuan dengan petugas bank untuk memverifikasi informasi dan detail aplikasi.
  4. Menunggu proses persetujuan, di mana lembaga keuangan akan mengevaluasi aplikasi dan melihat kemampuan peminjam untuk membayar KPA.
  5. Jika disetujui, peminjam akan menerima penawaran kredit yang berisi detail tentang jumlah pinjaman, suku bunga, jangka waktu, dan biaya lainnya.
  6. Setelah penawaran diterima, proses pencairan KPA akan dilakukan.

Jadi, di setiap bulan, kamu diharuskan membayar cicilan dengan tenor yang sudah disepakati. Dengan adanya fasilitas KPA, Aparkost yang ingin kamu miliki dapat lebih mudah dijangkau!

Sobat Millennial dapat mengunjungi Marketing Gallery kami, buka setiap hari termasuk hari libur pukul 08.00-22.00

Referensi: cimbniaga.co.id dan ocbc.id

Post a comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirimkan Brosur dan Pricelist TMC